nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Festival Maritim Internasional Geliatkan Pariwisata Batam & Riau

Mutya Hanifah, Jurnalis · Jum'at 14 Maret 2014 18:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 03 14 407 955295 rAJU2jTH6Q.jpg Jumpa pers IIMF dan MNEK di Gedung Sapta Pesona, Jakarta (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA - Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan menginspirasi acara-acara pariwisata bertema bahari dan kemaritiman. Salah satunya Indonesia International Maritime Festival (IIMF) dan Multilateral Exercise Komodo (MNEK) 2014 yang akan diselenggarakan pertengahan Maret hingga awal April mendatang.

IIMF dan MNEK merupakan konferensi dan pameran maritim untuk menjadikan tuan rumahnya, Batam, daya tarik domestik dan internasional. Selain di Batam, IIMF dan MNEK juga akan diselenggarakan di Pulau Anambas, Natuna.

"Kegiatan maritim di Indonesia sekarang ini hanya sail, padahal masih banyak yang bisa dimaksimalkan potensinya. Karena itu, kita selenggarakan IIMF dan MNEK ini," kata Ukus Kuswara, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (14/3/2014).

Nantinya, selain pameran, IIMF dan MNEK juga akan diramaikan Batam Triathlon serta pertunjukan budaya dan kuliner. "Tempatnya berpusat di Nongsa Point Marina, Batam," ujar Ukus.

Pemilihan Batam sebagai tuan rumah juga bukan asal pilih. Batam merupakan pintu masuk utama terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bali sehingga memiliki peran yang signifikan dalam kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

"Dengan acara ini diharapkan Batam dan Kepulauan Riau akan lebih menggeliat, dan pertumbuhannya bisa diikuti kepulauan lain di Indonesia," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini