nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Capai Pariwisata Berkelanjutan, Kemenparekraf Gandeng Lima Kementerian

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 17 Maret 2014 17:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 03 17 407 956469 sihDbUES7p.jpg Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA - Demi mencapai pembangunan berkelanjutan di bidang pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin komunikasi dengan kementerian-kementerian lain serta pihak swasta, akademisi, dan organisasi non-pemerintah. Diharapkan, forum ini dapat melahirkan ide-ide pariwisata berbasis pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Kemenparekraf menggandeng Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri Kementerian Kelautan & Perikanan, serta Bappenas untuk menemukan ide-ide pariwisata berkelanjutan dalam sebuah forum komunikasi.

"Untuk mencapai hal ini tidak mungkin Kemenparekraf melakukannya sendiri, memang butuh bantuan kementerian lain," kata Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Senin (17/3/2014).

"Kementerian Kehutanan mengurusi soal konservasi, kemudian Kementerian Dalam Negeri menyoal ekowisata daerah, begitu pula kementerian-kementerian lain, semua ada perannya masing-masing dalam mencapai pariwisata berkelanjutan ini," tuturnya.

Menurutnya agar pariwisata berkelanjutan bisa segera tercapai di Indonesia, harus sering dilakukan komunikasi antara kementerian-kementerian ini. "Komunikasi akan melahirkan kebijakan, yang nantinya bisa menjadi standar seperti apa suatu pariwisata berkelanjutan harus dilaksanakan di Indonesia," tukas Mari.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini