nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pariwisata Berkelanjutan Ramah Lingkungan & Menguntungkan

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 17 Maret 2014 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 03 17 407 956470 9TAdVSPJXa.jpg Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng lima kementerian dalam rangka mewujudkan pariwisata berbasis pembangunan berkelanjutan. Menparekraf Mari Elka Pangestu juga menekankan pentingnya melakukan tindak pariwisata berkelanjutan.

Pariwisata berbasis pembangunan berkelanjutan dengan model ekowisata tengah digaung-gaungkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jenis wisata ini tidak merusak alam, dan memiliki keuntungan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Pariwisata berkelanjutan itu menguntungkan masyarakat setempat, terutama dari segi ekonomi," kata Mari Elka dalam Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan di Jakarta, Senin (17/3/2014).

Ekowisata yang dikembangkan di daerah, menurut Mari, bisa menguntungkan masyarakat yang ada di sektiarnya. "Kita tidak ingin penduduk setempat hanya jadi penonton, tapi juga jadi pelaku untuk bisa merasakan manfaat dari pariwisata," tuturnya.

Dengan melibatkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan, mereka bisa mendapatkan keuntungan ekonomi. "Selain itu juga masyarakat pastilah yang paling mengerti soal lingkungan setempatnya. Dengan mengajak mereka jadi pelaku, bisa menghindari kegiatan pariwisata yang merusak lingkungan," tutup Mari.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini