nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wujudkan Ekowisata, Kementerian Lingkungan Hidup Bina Perhotelan

Mutya Hanifah, Jurnalis · Selasa 18 Maret 2014 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 17 407 956537 O0H8snp3w0.jpg Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA - Salah satu yang digandeng oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di bidang kepariwisataan adalah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Salah satu langkah KLH bahkan sudah menyentuh area perhotelan.

Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dalam bidang kepariwisataan, diperlukan sinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, yang kesehariannya membahas aspek-aspek hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dalam hal ini, KLH berfungsi memberikan ide-ide yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melestarikan lingkungan.

"Salah satu upaya yang kami sudah lakukan dalam bidang kepariwisataan adalah melakukan pembinaan teknologi di perhotelan," kata Dr Henry Bastaman, Deputi VII MenLH Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, dalam Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan di Jakarta, belum lama ini.

Dalam hal ini, KLH memberikan arahan kepada hotel-hotel agar menggunakan teknologi yang ramah lingkungan pada setiap fasilitasnya. "Teknologi produksi bersih di perhotelan penting untuk pariwisata berkelanjutan," tuturnya.

Hal inilah yang menjadi cikal bakal adanya green hotel alias hotel yang ramah lingkungan. "Mudah-mudahan ini bisa jadi langkah perwujudan ekowisata," tukas Henry.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini