nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Ramah Lingkungan Butuh Pedoman Khusus

Mutya Hanifah, Jurnalis · Selasa 18 Maret 2014 15:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 03 18 407 956981 BO80J143NH.jpg Forum Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Kepariwisataan (Foto: Mutya/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin menggalakkan pariwisata berbasis pembangunan berkelanjutan demi terciptanya destinasi wisata yang ramah lingkungan. Saat ini, beberapa destinasi wisata di Indonesia sudah menerapkan konsep berkelanjutan, namun belum ada pedomannya.

Hal inilah yang ingin dicapai, dengan mensinergikan komunikasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama lima kementerian lain, yaitu Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kelautan & Perikanan, serta Bappenas.

"Sebenarnya, kita sudah punya banyak destinasi yang mengedepankan konsep pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan, tapi kan tidak tahu apa mereka sekadar embel-embel atau memang sengaja melakukannya," kata Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, di Jakarta, baru-baru ini.

Kemenparekraf pun sudah memberikan upaya dengan apresiasi pada destinasi yang melakukan hal tersebut. "Kan sudah ada Green Hotel Award, ada Cipta Award, itu salah satu upayanya," ujar Firman.

Namun, menurutnya, semua itu perlu dilengkapi dengan pedoman yang sesuai standar internasional. "Percuma saja bila kita buat destinasi wisata yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan, tapi standarnya tidak diakui dunia," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini