Kenapa Lauk di Warung Angkringan Dibakar?

Johan Sompotan, Jurnalis · Rabu 19 Maret 2014 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 19 299 957692 uD4z4iHBsB.jpg Ini alasan mengapa nasi kucing dibakar (Foto:Johan Sompotan)

BILA menyambangi warung nasi kucing, Anda mungkin pernah bertanya, mengapa semua makanannya dibakar? Ini jawabannya!

Penggunaan teknik memasak pada nasi kucing adalah dibakar. Ini bukan karena sifatnya yang lebih sederhana, melainkan memiliki filosofi di balik kehadiran nasi kucing.

"Filosofi angkringan itu ada di nasi kucing karena merupakan makanan rakyat. Zaman dahulu, kebiasaan di Yogyakarta dan Solo adalah menghangatkan kembali makanannya. Makanan yang ditaruh di gerobak sudah dingin, biar terasa hangat makanya dipilih dengan cara dibakar," kata Handayani Woke, penjaja Nasi Kucing Angkringan Fatmawati, Jakarta Selatan, saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa Woke ini mengatakan, nama “angkringan” diambil dari bahasa Jawa yang berarti “gerobak atau tempat makanan”. Sementara, arti nasi kucing karena bentuk makanan yang mirip dengan porsi makanan kucing.

"Dengan cara dibakar tentunya akan membuat aroma dan rasa makanan lebih kuat ketimbang digoreng. Semua rasa aslinya akan menghilang dan itu kurang disukai oleh masyarakat Jawa," paparnya.

Tak hanya dibakar, semua olahan nasi kucing angkringan pun lebih didominasi oleh pemakaian jeroan daging ayam. Penggunaan ini diambil dari latar belakang lahirnya nasi kucing di Jawa.

Woke mengatakan bahwa di daerah Jawa, jeroan ayam bukan disebut sate ati tapi iwak ati, dimana iwak itu berarti “daging”. Karena ini merupakan makanan menengah ke bawah, makanya  makan jeroan dianggap seperti daging.

"Dulu itu kan angkringan lahir dari kebiasaan yang makan adalah menengah ke bawah, seperti tukang ojek, tukang becak, tukang delman, dan anak kos enggak punya uang, tapi sekarang nasi kucing sudah menjadi tren, mulai naik Alphard sampai jalan kaki semua makan angkringan," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini