Andai Christy Jusung & Nia Daniati Nikah Lagi

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Kamis 20 Maret 2014 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 20 196 957877 q2CjKW2iI1.jpg Nia Daniati (Foto: Okezone)

PERCERAIAN tidak hanya terjadi sekali, tetapi juga pernah dua kali dialami kalangan artis. Christy Jusung dan Nia Daniati, di antaranya. Lantas, apa yang perlu diperhatikan ketika mereka menikah lagi?

Belakangan ini, kasus perceraian marak terjadi di kalangan artis. Bahkan, mereka tidak hanya sekali bercerai, namun dua kali. Pengalaman inilah yang menimpa Christy Jusung dan Nia Daniati.

Meski bercerai dua kali, tidak lantas membuat mereka meratapi nasib. Bahkan, menikah kembali bisa menjadi pilihan mereka. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

“Soal kapannya menikah lagi, tidak ada jawaban yang pasti. Ya pasti adalah saat sudah bisa move on dari pernikahan lama, ditandai dengan dia bisa menerima bahwa relasi lamanya tidak berhasil, bisa melihat secaranya secara objektif (tidak emosional), dan cukup bisa nyaman hidup sendiri,” tutur Frederick Dermawan Purba kepada Okezone, Rabu, 19 Maret 2014.

Dosen di Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran, Bandung ini memberikan saran bagi mereka yang ingin menikah lagi.

“Evaluasi apa yang jadi sebab perceraia sebelumnya, diskusikan dengan orang-orang terdekat apa solusinya, sehingga saat terjadi lagi bisa diatasi. Lalu, mencari calon pasangan yang siap menerima status janda (atau duda), membicarakan segala hal secara terbuka selama masa pendekatan, baik dalam hal masa lalu, kepribadian, pekerjaan, penghasilan, dan lain-lain. Saran terakhir, mengikutsertakan pendapat atau penilaian orang-orang terdekat tentang calon yang baru, bukan sebagai kemutlakan, tapi masukan,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini