8 Jenis Minyak Goreng Belum Pernah Anda Dengar (1)

Fitri Yulianti, Jurnalis · Sabtu 12 April 2014 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 11 299 968977 hU84qWWoBZ.jpg Minyak alpukat (Foto: thedailymeal)

HANYA beberapa jenis minyak biasa kita pakai saat memasak, sebut saja minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak kelapa. Ternyata, masih banyak jenis minyak lainnya yang biasanya digunakan pada berbagai hidangan di seluruh dunia.

Minyak yang berbeda diperlukan untuk metode memasak berbeda dan masing-masing memiliki kegunaan unik. Minyak goreng menjadikan hidangan kita memiliki komponen lemak sehat, penambah rasa, dan tampak menarik.

Nyatanya, ada banyak minyak di luar sana yang bermanfaat seperti minyak zaitun, tetapi dengan bahan dan tampilan berbeda. Simak beberapa di antaranya yang mungkin belum pernah Anda dengar, seperti diulas Thedailymeal:

Minyak alpukat

Jika Anda hanya menyantap alpukat apa adanya, cobalah dengan cara berbeda. Minyak alpukat memiliki titik asap tinggi, yang cocok digunakan untuk digunakan untuk menggoreng ataupun menumis.

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan masakan yang bergizi dan alami. Paling menguntungkan ketika minyak kelapa tidak dihidrogenasi saat Anda membelinya.

Minyak kelapa sangat bagus untuk menumis dan menambahkan aroma pada masakan, tapi dengan tidak rasa yang berlebihan. Minyak kelapa juga serbaguna karena, tergantung pada bahan-bahan dominan lainnya, tidak menghilangkan rasa masakan.

Seperti minyak tropis apapun, minyak kelapa memiliki campuran kompleks asam lemak yang menambah manfaat kesehatan bagi Anda, bagus untuk kulit, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, disfungsi kekebalan tubuh, dan obesitas. Terbaik ketika minyak kelapa dimasak pada suhu rendah. Minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak telur, popcorn, dan sebagainya.

Minyak biji rami

Minyak biji rami tinggi asam omega-3. Minyak biji rami adalah antioksidan dengan manfaat gizi yang tinggi. Tidak dimaksudkan untuk dimasak di atas api, minyak biji rami paling baik digunakan untuk salad, penyedap sup, bahkan bahan dalam saus.

Minyak biij anggur

Minyak biji anggur dibuat dengan cara menekan biji anggur yang digunakan selama pembuatan anggur. Ini adalah minyak yang menambahkan rasa dan tekstur halus pada hidangan Anda.

Minyak biji anggur memiliki titik asap tinggi, yang berarti dapat dimasak pada suhu tinggi. Dengan demikian, minyak ini sangat cocok untuk resep tumisan atau panggang. Meskipun tidak disebutkan dalam banyak resep, minyak biji anggur dapat berfungsi sebagai pengganti setiap minyak ringan yang digunakan untuk dressing salad atau saus, seperti minyak zaitun ataupun minyak kanola. (bersambung)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini