Wah, Turis Perempuan Kini Lebih Banyak

Mutya Hanifah, Jurnalis · Kamis 24 April 2014 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 407 975254 y8xU3Kaybf.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perkembangan jumlah turis perempuan dalam industri pariwisata benar adanya. Terbukti, menurut survei besutan TripAdvisor, jumlah wisatawan perempuan lebih banyak daripada laki-laki. 

Kemudahan teknologi dan informasi membuat para perempuan tak lagi takut berpetualang. Jumlah turis perempuan sekarang ini sudah melebihi jumlah turis laki-laki.

"Dari survei yang kami lakukan, perbandingan wisatawan perempuan dan laki-laki adalah 61 persen dan 35 persen, untuk kalangan usia muda," kata Prasti Nidya Putri, Partnership Executive TripAdvisor, dalam Web In Travel di Jakarta, belum lama ini.

Jumlah wisatawan perempuan lebih banyak daripada laki-laki, menurutnya, bukan hanya karena kemudahan berwisata. "Perempuan lebih suka pelesir beramai-ramai bersama keluarga, sementara para pria lebih senang sendiri. Ini sebabnya turis perempuan lebih banyak," ujar Prasti.

Survei dilakukan TripAdvisor kepada responden berusia 18-35 tahun di Indonesia, alias wisatawan-wisatawan muda. Menurut Prasti, perempuan adalah target pasar yang baik bagi industri pariwisata. "Promosi pariwisata biasanya sesuai dengan keinginan perempuan. Tapi menurut survei kami juga, perempuan masih lebih memilih rekomendasi dari teman dan keluarga," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini