Share

Wisatawan Muda, Penting Freedom ketimbang Free

Mutya Hanifah, Jurnalis · Kamis 24 April 2014 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 407 975256 rlL39zf2Dg.jpg (Foto: stuff)

JAKARTA - Budaya Timur orang-orang Indonesia ternyata berpengaruh pada pemilihan akomodasi saat berwisata. Menurut survei TripAdvisor, saat pelesir wisatawan muda memilih terbebas dari keluarga meski harus membayar lebih.

Perkembangan jumlah wisatawan muda semakin meningkat. Biasanya, wisatawan muda (usia 18-35 tahun) memilih pelesir bersama teman-temannya dibanding dengan keluarga, bahkan meski tujuannya hanya destinasi di Indonesia.

"Saat mencari akomodasi, wisatawan muda lebih memilih hotel dibanding harus menumpang menginap di rumah saudara," kata Prasti Nidya Putri, Partnership Executive TripAdvisor, dalam Web In Travel di Jakarta, belum lama ini.

Saat ke hotel, tentu mereka harus membayar lebih. Padahal, bila menginap di rumah saudara bisa menghemat biaya akomodasi yang cukup besar. "Ini membuktikan bahwa bagi wisatawan muda, freedom (kebebasan-red) lebih penting daripada free (gratis-red)," ujar Prasti. 

Wisatawan muda merasa bila menginap di rumah saudara saat pelesir akan membuat mereka kehilangan kebebasan. "Karena di rumah sendiri sudah tinggal dengan orangtua, mereka ingin merasakan pelesir dengan teman-teman, merasakan kebebasan," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini