nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendidikan Seksual pada Anak ala Mayangsari

Raiza Andini, Jurnalis · Rabu 30 April 2014 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 04 30 196 978024 Ih7djs3npQ.jpg Mayangsari (Foto: Okezone)

MARAKNYA kejadian pelecehan seksual yang dilakukan orang pengidap paedofilia membuat orangtua giat memberi pelajaran seputar seks kepada anaknya.  Hal ini seperti dilakukan Mayangsari.
 

Tidak dipungkiri, anak-anak sekarang sudah mulai kritis. Hal ini juga terjadi pada anak dari Mayangsari dengan Bambang Trihatmodjo, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo.

 

Bahkan, pertanyaan seputar seks juga pernah ditanyakannya. Pada akhirnya, Mayang harus menjawab pertanyaan tersebut dengan hati-hati agar sang anak yang baru berusia delapan tahun paham akan jawaban yang ditanyakan.

 

“Adanya kejadian ini (JIS), anak saya nanya, ‘Ma, itu apa sih pelecehan seks.’ Saya sebagai orangtua harus menjawab, tapi dengan jawaban yang tidak membuat anaknya saya syok. Saya hanya bilang mereka itu orang jahat,” jelasnya kepada Okezone di The Hall, Senayan City, Jakarta Selatan, 29 April 2014.

 

Bahasa isyarat yang mudah dimengerti anak merupakan cara Mayangsari memberi edukasi seputar seks kepada sang buah hati. Hal ini dia lakukan lantaran tidak memiliki cara lain yang lebih santun dan baik untuk memberi masukan soal seks.

 

“Saya pokoknya pakai bahasa istilah lain agar anak mengerti. Saya bilang, ‘Dia itu orang jahat, soalnya pas adik itu lagi pupup, dia masuki balpoin ke tempat pupupnya adik.’ Terus dia bilang, ‘Jahat ya Ma, itu kan sakit’,” terangnya.

 

Tidak hanya itu, Mayangsari juga menjelaskan beberapa titik sensitif yang dimiliki wanita harus dijaga dengan baik dan tidak boleh ada yang menyentuh, selain orangtuanya. Khirani pun akhirnya mengerti bahwa dia harus menjaga kehormatannya sebagai wanita.

 

“Saya juga sarankan kepada anak, kalau di toilet ada yang pegang-pegang daerah sensitifnya, dia jangan mau atau marah atau kasih tahu ibu guru dan mama. Dari sana, anak saya belajar bahwa dia harus bisa menjaga daerah tersebut,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini