nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik-Trik Dapatkan Foto Liburan Ciamik (1)

Winda Destiana, Jurnalis · Selasa 06 Mei 2014 18:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 05 06 407 981014 lsEvk4T1Qw.jpg Ilustrasi

FENOMENA media sosial kini tengah berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut juga berdampak pada industri perjalanan dan wisatawan.  

Kini, banyak wisatawan yang mengabadikan moment liburan mereka ke dalam akun media sosial yang dimilikinya. Tentu, dilakukan untuk menjadi sebuah kenangan yang tak pernah lekang oleh waktu dan ingatan. Bagaimanapun, lamanya momen tersebut, foto tetap mampu berbicara.

 

Untuk mendapatkan gambar atau hasil yang baik selama pelesiran, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti dilansir dari laman pegi-pegi:

 

Tenangkan diri

 

Kamera smartphone bukan dirancang sebagai kamera yang dapat mengambil gambar dengan baik setara kamera SLR. Namun, beberapa di antaranya dapat diandalkan untuk menangkap momen tertentu yang terkadang luput dari kamera SLR.

 

Untuk membidik sasaran dengan tepat, Anda harus menggunakan resolusi besar dan tekan titik fokus pada objek yang ingin Anda tangkap. Jika Anda ingin berada di dalam foto tersebut, gunakanlah kamera depan dan perhatikan baik-baik mata Anda mengarah ke lensa. Buat diri Anda setenang mungkin karena jika Anda tidak tenang, gambar yang dihasilkan pun tidak tampak jelas.

 

Bawa memory tambahan

 

Jika kebetulan menjepret objek lebih dari 10 kali, Anda wajib membawa memori tambahan untuk menyimpan hasil foto. Pasti tidak akan menyenangkan jika di lokasi wisata terakhir dengan suasana spektakuler, ternyata memori kamera Anda sudah penuh.

 

Anda wajib membawa memori cadangan sekira 2-4 memory card berkapasitas 8 GB dan baterai untuk kamera dSLR kalau memang kamera seperti ini yang dibawa. Atau, jika Anda hanya menggunakan kamera smartphone dan langsung diunggah ke media sosial, pastikan kosongkan memori smartphone agar kendala memori penuh dapat diminimalisir.

 

Ambil semua momen

 

Ingin mendapatkan foto yang bagus, jangan takut memotret semua momen. Pilihan yang Anda miliki pun semakin beragam. Lebih baik menyortir foto setelah Anda berada di dalam hotel atau sedang luang lalu segera unggah ke akun media sosial Anda.

 

Edit foto semenarik mungkin

 

Terkadang, foto asli tidak menarik. Untuk itu, Anda perlu mengeditnya. Dan, jangan takut jika tampilan akan menjadi buruk, atau bahkan gambar yang bagus masih terlihat gelap. Teknik pengeditan sebelum diunggah ke dalam media sosial wajib dilakukan untuk menarik banyak pengikut akun Anda penasaran dengan tempat liburan Anda saat itu, dan pastinya ingin berada di dalam nuansa yang Anda buat. (bersambung)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini