Kak Seto: Anak Kecil Jadi Artis, Belum Tentu Eksploitasi Anak!

Raiza Andini, Jurnalis · Jum'at 09 Mei 2014 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 09 196 982693 AOLlS9fzqN.jpg Seto Mulyadi (Foto : Feri/Okezone)

KEHADIRAN para anak artis maupun non artis di panggung hiburan Tanah Air menjadi warna tersendiri. Wajah-wajah mereka kini tak jarang malang melintang di berbagai produksi sinetron, film dan panggung hiburan lainnya.

Sebagian orang menilai orangtua yang mengijinkan anaknya aktif tampil di layar kaca sebagai eksploitasi anak.

Sebagai pemerhati anak Seto Mulyadi menegaskan anak kecil yang mendadak menjadi artis tidak bisa disebut orangtuanya telah mengeksploitasi anak. Karena bisa jadi orangtua hanya menyalurkan minat dan bakat anaknya yang terpendam.

Menurutnya, eksploitasi anak dengan mengembangkan bakat anak itu perbedaannya sangat tipis, jadi lanjut Kak Seto, sangat sulit untuk mendeteksi apakah mereka (anak-anak) korban eksploitasi orangtuanya atau sebetulnya itu merupakan hobi dan bakatnya yang sedang disalurkan orangtua. “Orangtua yang mengeksploitasi anak dengan yang mengembangkan minat dan bakat anak itu sangat tipis sekali dibedakan, setipis kulit bawang,” tuturnnya dalam wawancara khusus kepada Okezone di Gedung Highend, Kebon Sirih Raya, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Pria ramah pencetus Taman Si Komo dan Yayasan Mutiara Bunda ini mengatakan jika, anak merasa lelah dengan aktifitas yang dilakukannya, kemudian orangtua memaksakan bahkan menyuruh anaknya terus mencari uang itu dinamakan eksploitasi anak.

Sebaliknya, jika orangtua menuruti apa yang diinginkan anak dan si anak merasa lelah ingin bermain dan bertemu sahabat-sahabatnya, berarti orangtuanya peduli dengan anak dan membiarkan dia berkembang secara maksimal lewat bakat yang dimilikinya.

“Kuncinya adalah bagaimana kemauan anak. Jika dia tidak ingin jangan paksakan walaupun banyak tawaran syuting yang menggiurkan misalnya, biarkan dia tumbuh berkembang dengan semestinya. Orangtua harus memahami hal tersebut, jangan memaksa anak,” pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini