Share

Yuk, Belajar Teknik Dasar Masak dari Chef Arnold

Johan Sompotan, Jurnalis · Minggu 11 Mei 2014 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 09 304 982765 4nCz3rPXvR.jpg

SEBAGIAN orang mengira bila memasak adalah pekerjaan mudah hingga akhirnya disepelekan. Padahal, teknik memasak perlu dipahami sebelum memulai tiap tahapannya.

"Teknik dasar yang harus dipahami adalah pemotongan, pencucian, penyimpanan, pengolahan, dan penggunaan bumbu-rempah," kata Chef Arnold Poernomo kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Sebut saja proses pemotongan. Terlihat mudah, tapi pemotongan bahan makanan akan menentukan apakah tingkat kematangan bahan makanan akan merata. Jika memotong terlalu besar, tambahnya, bahan makanan akan lama dan tidak merata matangnya.

Pemilik nama asli Arnold Poernomo menambahkan, perhatikan pula proses penyimpanan. "Bila Anda tak memahami proses penyimpanan bahan makanan dengan baik, maka makanan pasti rusak dan membusuk. Bedakan cara penyimpanan daging ayam, sapi, kambing, serta seafood dengan sayuran maupun buah-buahan," bebernya.

Kemudian, proses pembersihan. Kadang, ada bahan makanan yang sudah dicuci, tapi cepat rusak hingga menjadi kendala tersendiri. Juri pengganti Chef Juna Rorimpandey di MasterChef Indonesia ini mengatakan, Anda harus mengenali secara benar pemakaian bumbu-rempah yang akan dipadukan dengan sayuran maupun seafood dan daging.

"Pengolahan makanan harus benar karena dari situ Anda bisa bereksperimen dengan bumbu rempah sehingga bisa menyajikan suatu hidangan. Basic-nya, Anda harus memastikan dengan baik, bila perlu melihat resep untuk tahu bagaimana memasak yang baik," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini