Image

Kegendutan Penyebab Sesak Napas?

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Senin 19 Mei 2014, 17:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 05 19 487 987090 ZYtQitDIjp.jpg RS Meilia

Dok, sebenarnya apakah ada dampak dari kegendutan dan kemampuan menarik napas? Sekarang saya bertambah gendut dan napas menjadi pendek. Kenapa ya, Dok? Terima kasih jawabannya, Dok. Intan, 29 tahun

 

Jawaban:

 

Salam Mbak Intan, terima kasih atas pertanyaannya. Manusia bernapas menggunakan organ pernapasan, yakni paru-paru, saluran nafas, dan juga otot-otot pernapasan yang terletak di bagian dada. Jika berat badan berlebihan atau gendut, kadang napas terasa agak berat atau seakan agak sulit.

 

Ini kemungkinan akibat pergerakan otot-otot pernapasan yang kurang lincah. Pada orang yang dikategorikan obesitas (kegemukan) dan terdapat kelainan di daerah tenggorokan, sering terjadi OSA (Obstruktif Sleep Apnea), yaitu henti napas sejenak dan mendadak saat tidur. Kondisi tersebut kadang mengakibatkan orang tersebut terasa mengantuk di pagi atau siang hari karena kualitas tidur malamnya kurang baik.

 

Untuk memastikan apakah napas yang pendek karena berat badan bertambah gendut atau ada penyebab lain, sebaiknya check up kesehatan dan ada baiknya diupayakan berat badan ideal dengan cara olah raga dan diet yang benar. Demikian yang bisa saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

dr Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru RS Meilia Cibubur

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini