Kampanye "Jangan Minum & Mengemudi" Kembali Digaungkan

Fitri Yulianti, Jurnalis · Minggu 25 Mei 2014 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 25 482 989933 MkzXzEzacE.jpg Kampanye konsumsi alkohol secara bijak (Foto: dok. Pernod Ricard Indonesia)

UNTUK ketiga kali, Pernod Ricard Indonesia menggelar kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive” alias "Jangan Minum dan Mengemudi". Pesan untuk mengonsumsi alkohol secara aman baik saat dan setelahnya akan terus digemakan.

Ini adalah tahun ketiga bagi Pernod Ricard Indonesia menggaungkan kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive” sebagai bagian dari tanggung jawab kepada masyarakat. “Kami ingin menjadi penyedia produk beralkohol yang bertanggung jawab. Kami ingin menunjukkan kepedulian kepada masyarakat lewat penyampaian informasi terkait langkah-langkah aman seputar mengonsumsi produk beralkohol. Salah satunya, don’t drink and drive,” kata Edhi Sumadi, General Manager Pernod Ricard Indonesia, di Jakarta, baru-baru ini.

Kampanye ini berupa penyebaran informasi (edukasi) dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap konsumsi alkohol yang bertanggung jawab. Aksi dilakukan serentak dengan afiliasi-afiliasi Pernod Ricard di seluruh dunia. Edhi dan pihaknya berkomitmen menghindari hal-hal negatif yang dapat timbul, terutama menyangkut mengemudi kendaraan di bawah pengaruh alkohol. Edukasi dilakukan terhadap semua pihak; konsumen, penyuplai, juga venue yang menjual minuman beralkohol.

"Kami percaya, di masa datang, tingkat kesadaran dari masyarakat di Indonesia akan lebih baik mengenai hal ini,” imbuh Edhi, dalam siaran persnya.

Dalam menyampaikan pesan ini, Pernod Ricard Indonesia menggelar beberapa program, di antaranya:

Edukasi internal

Pernod Ricard secara global memiliki lebih 19.000 karyawan. Seluruh karyawan berkomitmen untuk menjadi duta kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive” untuk saling mengingatkan agar semua risiko terkait alkohol dan mengemudi bisa dihindari.

Edukasi eksternal

Program ini digelar untuk mengingatkan dan memberitahu masyarakat tentang risiko yang bisa dihindari dari pengaruh alkohol terkait mengendarai kendaraan. Kegiatan yang telah berlangsung, seperti orchestra mob di Pacific Place pada pekan lalu. Penunjung mendapatkan flyer terkait “Don’t Drink and Drive”.

Talkshow

Untuk menggaungkan pesan lebih kencang sekaligus pemahaman lebih mendalam, telah digelar talkshow terkait acara ini di Pacific Place Jakarta. Psikolog Tika Bisono, Chief Editor Auto Car Magazine Octo Budiharto, dan Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng menjadi pembicara dalam talkshow yang menyampaikan pandangan serta pesan terkait konsumsi alkohol dengan bijak.

Booth khusus

Sebagai tindakan konkret dan lebih mendekat kepada konsumen produk beralkohol, Pernod Ricard Indonesia akan menyiapkan booth khusus di acara-acara tertentu. Booth ini bertujuan mengajak konsumen untuk lebih memahami dan melakukan tindakan pencegahan terkait program bijak mengkonsumsi alkohol.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini