nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dekranasda DKI Jakarta & APPMI Gelar Lomba Batik Betawi

Raiza Andini, Jurnalis · Senin 26 Mei 2014 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 05 26 29 990193 gumZ5VWcO0.jpg Ondel-Ondel dan Monas motif batik Betawi (Foto : Trusmi)

BATIK Betawi memang tak seterkenal batik Pekalongan dan Solo. Untuk melestarikan warisan budaya Betawi, Dekranasda DKI Jakarta yang didukung Kemenparekraf dan Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), menggelar lomba membatik.

 

Indonesia kaya akan kreasi tradisional, salah satunya batik. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khasnya masing-masing. Di Jakarta, ada yang namanya batik Betawi. Batik ini memang kurang dikenal, pasalnya motif batik Betawi cenderung biasa dengan warna-warna terang khas kaum urban.

 

Untuk mengantisipasi kepunahan batik Betawi, Dekranasda DKI Jakarta didukung Kemenparekraf dan APPMI menggelar lomba membatik selama periode 25 April-25 Mei. Tidak seperti perlombaan batik lainnya, di sini para pengrajin dituntut untuk tidak menggambar motif ondel-ondel, Monas, bajaj, dan kembang api lagi, yang selama ini menjadi ciri khas batik Betawi.

 

“Kreativitas mereka diuji. Mereka tidak diperbolehkan membatik motif serupa dari batik Betawi, tentunya tidak boleh menyontek batik dari luar Jakarta. Tetap mengusung Jakarta, namun lebih dituntut untuk variatif agar motif Batik Betawi tidak monoton,” kata Jeny Tjahyawati kepada Okezone usai peragaan busana Dekranasda DKI Jakarta di Mall Kelapa Gading, Jakarta, baru-baru ini.

 

Desainer yang tergabung dalam APPMI ini ditunjuk sebagai dewan juri lomba membatik kain Betawi. Pesertanya sendiri datang dari kalangan siswa sekolah mode di Jakarta dan beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang industri batik Betawi.

 

Hasil karya para peserta akan dipamerkan di Senayan City pada 17-22 Juni. Pada akhir pameran juga akan diumumkan pemenang lomba, tepatnya pada acara Jakarta Souvenir Design Award 2014, sebagai bentuk apresiasi pengrajin batik Betawi sekaligus menyambut ulang tahun Jakarta.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini