Pesan Desainer Tunarungu Rafi Ridwan Jika Menang ASI 2014

Raiza Andini, Jurnalis · Selasa 03 Juni 2014 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 03 29 993421 518wtArdyD.jpg Rafi Ridwan tengah membuat sketsa busana (Foto: facebook)

RAFI Ridwan, desainer cilik yang mengalami disabilitas saat usia tujuh tahun, masuk nominasi Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2014 pada kategori Tokoh Muda Mendunia. Jika menang, Rafi ingin anak Indonesia tak tersakiti lagi oleh orang dewasa.

Desainer termuda di Indonesia, Rafi Abdurrahman Ridwan, menjadi inspirator anak-anak seusianya, khususnya anak yang mengalami disabilitas, agar mampu berkarya. Rafi sekaligus menjadi motivator bagi anak-anak lain untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Rafi membuktikan hal tersebut, namanya sudah tidak diragukan lagi di ranah mode internasional. Bahkan, supermodel Tyra Banks mampu mengapresiasi hasil karya bocah ini.

Dengan dipilih sebagai nominator Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2014, Rafi ingin kalangan dewasa di Indonesia tidak lagi menyakiti anak-anak. Dia menilai, anak akan mampu mengguncang dunia dan membuat bangga keluarga bahkan negara bila diberi kebebasan dalam berkreasi.

"Dia bilang ke saya, kalau Rafi bisa menang semoga enggak ada yang menyakiti anak-anak lagi. Semoga orang dewasa mampu membuka mata," kata Shinta Ayu, ibunda Rafi kepada Okezone lewat pesan singkat Whatsapp, Selasa (3/6/2014).

Shinta merasa terharu dengan pernyataan anak pertamanya tersebut. Selama ini, Rafi melihat langsung dan membaca di berbagai media seputar hal-hal negatif yang dialami anak-anak seusianya. Rafi merasa sedih dan prihatin dengan kondisi tersebut. Dia ingin memberi teguran terhadap orang dewasa untuk bisa menghargai seorang anak meski terlahir cacat.

"Dia sedih banyak berita itu (pelecehan dan kekerasan terhadap anak-red). Dia berharap orangtua buka mata dan telinga serta sadar untuk menjaga anak-anaknya," tutupnya.

Busana rancangan Rafi sempat mendapat respons positif dari Tyra Banks pada 2011 lalu. Di Facebook-nya, Tyra memamerkan serta memuji busana rancangan Rafi seraya menyebutkan bahwa bocah 11 tahun ini merupakan desainer termuda di dunia. Sejak itu, dia mendadak menjadi orang paling dicari, baik di Amerika, Australia, dan Indonesia.

Sementara pada 2013, Tyra memercayakan Rafi untuk merancang busana para kontestan America's Next Top Model. Ketika itu, busananya digunakan untuk keperluan photoshoot di Bali. Rafi juga sempat bekerjasama dengan desainer Barli Asmara.

Perhelatan untuk keempat kalinya ini sendiri digelar Selasa 3 Juni 2014, dan akan disiarkan secara langsung dari Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, pada pukul 22.00 WIB. ASI 2014 mengusung tema "Peduli Bagi Bangsa". Sejumlah nama tokoh berpengaruh menjadi nominasi ASI, dengan berbagai kategori, di antaranya Tokoh Muda Mendunia, Tokoh Transformasi Sosial, Tokoh Fenomenal, Bintang Arena, Tokoh Inspirasi, Tokoh Inovasi, dan Tokoh Seputar Indonesia.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini