Rafi Ridwan Dedikasikan Penghargaan ASI 2014 untuk Anak Disabilitas

Raiza Andini, Jurnalis · Selasa 03 Juni 2014 23:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 03 29 993608 EMzgnjz2oC.jpg Rafi dan ibunda di ASI 2014 (Foto: Raiza/Okezone)

DESAINER termuda di Indonesia, Rafi Ridwan, memenangkan penghargaan Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2014 pada kategori Tokoh Muda Indonesia, malam ini. Dia mendedikasikan kemenangannya untuk seluruh anak Indonesia, terutama kalangan disabilitas.

Rafi Ridwan terlahir tidak sempurna, namun hasil karyanya mampu dilirik seorang model dunia sekelas Tyra Banks, juga desainer kenamaan Barli Asmara. Selain diapresiasi karyanya oleh warga negara asing, putra pertama pasangan Shinta Ayu dan Ridwan ini juga mendapatkan kehormatan untuk memenangkan Anugerah Seputar Indonesia (ASI) 2014 pada kategori Tokoh Muda Mendunia.

Desainer tunarungu ini memersembahkan kemenangannya untuk seluruh sahabat yang menjadi motivator paling berpengaruh selama ini. "Dia ucap syukur. Piala ini untuk semua teman-teman seusianya, khususnya yang memiliki kondisi sama dengan Rafi," kata Shinta Ayu, ibunda Rafi, kepada Okezone di Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Remaja 12 tahun ini memang sangat mencintai sahabat-sahabatnya. Dia ingin para sahabatnya bisa bahagia dan senang saat Rafi mendapatkan penghargaan dari Seputar Indonesia RCTI. Shinta menuturkan, didapuknya Rafi menjadi nominator pada ajang tersebut membuktikan bahwa anak-anak tidak boleh dipandang sebelah mata meski memiliki kekurangan.

"Ini kemenangan kita (anak-anak dengan kekurangan fisik-red), kata Rafi ke saya. Dia juga sekaligus berharap kepada orang dewasa untuk mampu mengapresiasi anak dan mendukung secara penuh apa yang diminati anak agar dia berkembang dan bisa membanggakan," tutupnya.

Busana rancangan Rafi sempat mendapat respons positif dari Tyra Banks pada 2011 lalu. Di Facebook-nya, Tyra memamerkan serta memuji busana rancangan Rafi seraya menyebutkan bahwa bocah 11 tahun ini merupakan desainer termuda di dunia. Sejak itu, dia mendadak menjadi orang paling dicari, baik di Amerika, Australia, dan Indonesia.

Sementara pada 2013, Tyra memercayakan Rafi untuk merancang busana para kontestan America's Next Top Model. Ketika itu, busananya digunakan untuk keperluan photoshoot di Bali. Rafi juga sempat bekerjasama dengan desainer Barli Asmara.

Perhelatan Anugerah Seputar Indonesia untuk keempat kalinya ini sendiri digelar Selasa, 3 Juni 2014, dan disiarkan di RCTI pada pukul 22.00 WIB. ASI 2014 mengusung tema "Peduli Bagi Bangsa". Sejumlah nama tokoh berpengaruh menjadi nominasi ASI, dengan berbagai kategori, di antaranya Tokoh Muda Mendunia, Tokoh Transformasi Sosial, Tokoh Fenomenal, Bintang Arena, Tokoh Inspirasi, Tokoh Inovasi, dan Tokoh Seputar Indonesia.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini