Image

Sakit di Bagian Pinggang, Rematik atau Saraf Kejepit?

Fitri Yulianti, Jurnalis · Selasa 03 Juni 2014, 18:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 06 03 487 993452 OI0eITrQJ7.jpg (Foto: dok. RS Meilia)

DOK, ibu saya, berusia 58 tahun, selama beberapa tahun ini sakit rematik di bagian pinggang ke bawah. Penyakitnya selalu kambuh, terlebih kalau pagi hari. Semua badannya terasa dingin dan pusing. Bagaimana solusinya, Dok? Terima kasih.

- Rahimah Siti, Bintaro

Jawaban:

Salam Bu Rahimah, apa yang dialami oleh Ibu Anda bisa jadi merupakan kendala lain di luar permasalahan rematik. Dalam hal ini, kondisi nyeri pinggang orangtua Anda dapat terjadi sebagai akibat adanya regangan, tarikan saraf tulang belakang.

Keluhan tersebut biasa disebut sebagai "saraf tulang belakangnya kejepit". Solusinya, jangan mengangkat beban yang berat serta hindari atau kurangi naik-turun tangga karena bisa menambah tekanan pada saraf tulang belakangnya.

Sementara, terkait kondisi dingin dan pusing, harus ditelurusi lebih dalam penyebabnya. Namun, dapat dinyatakan tidak terkait dengan masalah pada tulang belakangnya. Sebaiknya dilakukan perbaikan pola hidup, seperti pola istirahat, pola makan, dan pola konsumsi secara sehat.

Tentu, bila kondisi yang dialami tidak mengalami perbaikan, maka sebaiknya lakukan komunikasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan terkait.

dr Ananda Setiabudi, SpS

Spesialis Saraf di RS Meilia Cibubur

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini