GKR Bendoro & KPH Yudhanegara Gelar Akikah Putri Pertama

Raiza Andini, Jurnalis · Minggu 08 Juni 2014 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 08 196 995664 WFbPScC8zB.jpg Sri Sultan Hamengkubuwono X mencukur rambut cucu ke-empat (Foto: Raiza/Okezone_

GUSTI Kanjeng Ratu Bendoro atau Jeng Reni dan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara tengah berbahagia. Pasalnya, hari ini kedua orangtua baru tersebut melangsungkan prosesi akikahan putri pertama mereka.

KPH Haryo Yudanegara, akrab disapa Ubai, sedang melangsungkan studi di Jepang. Dia terbang ke Jakarta untuk melakukan prosesi akikah putri pertamanya yang diberi nama Raden Ajeng Nisaka Irdina Yudanegara.

‪Sejauh pengamatan Okezone, prosesi akikah RAj Nisaka Irdina Yudhanegara hampir sama dengan proses akikah masyarakat awam, yang berbeda hanyalah kemasannya. Nuansa akikah kental akan budaya dan tradisi keraton.

Sejumlah undangan hadir terdengar membacakan kalam Illahi untuk keselamatan sang anak dan orangtua. Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istri, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, menjadi orang pertama yang mencukur rambut RAj Nisaka Irdina Yudhanegara. Ubay yang menggendong sang anak untuk dicukur rambutnya, diiringi doa serta shalawat dari para undangan yang hadir di Jalan Denpasar No. 18, Kuningan, Jakarta.

Gusti Kanjeng Ratu Hemas tampak menghibur cucu keempatnya ini saat rambutnya dipotong. Tradisi Jawa juga melekat pada prosesi potong rambut, terlihat dari pernak-pernik yang digunakan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini