Share

Lezatnya Peyek Rinuak dari Danau Maninjau

Winda Destiana, Okezone · Selasa 10 Juni 2014 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 10 302 996441 q1EwnYDQc8.jpg Bilih Singkarak enak dicocol pakai sambalado hijau (Foto: Winda/Okezone)

BERKUNJUNG ke Sumatera Barat, Anda pasti tahu Dananu Maninjau. Tempat ini tepat untuk menenangkan diri dan menikmati suasana hidup yang tenang. Termasuk jangan melewatkan kuliner yang lezat.

Dalam danau tersebut terdapat beberapa jenis ikan yang hidup secara alami, salah satunya ikan rinuak. Ternyata, ikan yang satu ini cukup lezat jika dimakan bersama dengan nasi panas.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Hal ini seperti dikatakan Win Kayo, salah seorang pengurus Rumah Makan dan Restoran Pak Datuk Padang Panjang. Menurutnya, ikan rinuak cukup pas jika dihidangkan bersama dengan nasi panas dan sambalado hijau.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, dirinya mengaku hampir sama dengan membuat rempeyek dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, garam, dan sambal sesuai dengan selera.

Semua bahan dicampur jadi satu bersama dengan ikan rinuak. Setelah menyatu, digoreng hingga kemerahan, kemudian disantap saat itu juga.

"Enak sekali disantap selagi panas bersamaan dengan nasi panas dan sambalado hijau. Mantap rasanya," katanya seraya tertawa kepada Okezone semalam.

Diakui pula oleh Win, yang membuat peyek ini lezat karena irisan daun jeruk yang membuat harum, bahkan daun jeruk ini menjadi khas setiap masakan asli ranah Minang.

Rinuak adalah ikan yang sangat kecil seperti teri, namun rasanya tawar. Ikan ini hidup dalam danau maninjau. Ukurannya hanya sebesar korek api dengan panjang hanya dua sentimeter. Ikan kecil ini hanya bisa hidup di Danau Maninjau, karena jika hidup di tempat lain akan mati.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini