Air Es Tidak Sebabkan Batuk, tapi...

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Kamis 12 Juni 2014 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 12 486 998016 dOUeoPUZMI.jpg Minum air, (Foto: Gstatic)

MESKI batuk, masih banyak orang tetap meminum air es. Padahal, air es memerburuk kondisi batuk.

Emilia E. Achmadi, MS, clinical dietitian dan pakar nutrisi serta pencegahan penyakit, menegaskan bahwa minum air es sebenarnya bisa memerburuk keluhan batuk. Karena itu, alangkah baiknya jika air es dihindari saat batuk.

 

Namun demikian, bukan berarti orang yang minum air es akan membuat jadi  batuk. Menurutnya, air es hanya bisa memerburuk batuk saat seseorang memang sudah mengalami batuk.

"Kalau kita sudah kena batuk, es bisa membuat batuk jadi parah. Kenapa? Karena air es itu merangsang saluran pernapasan atas. Sehingga makin membuat iritasi di saluran pernapasan atas, otomatis batuk pun jadi tambah parah," ujarnya dalam acara yang bertema Media Briefing & Dialog Interaktif Batuk Itu Menggangu & Pahami Pencegahan Efektifnya, di Luna Negra, Plaza Bapindo, ground floor, Sudirman, Jakartan, Kamis, (12/6/2014) .

Tidak hanya minuman air es, tapi makanan yang manis, asin, berminyak dan pedas juga bisa memicu batuk semakin parah. Sebab,  hal tersebut bisa menjadi rangsangan pada saluran pernapasan atas. Karenanya, agar kondisi batuk tidak tambah parah, sebaiknya  ketika sedang batuk hindari mengonsumsi makanan yang bisa membuat iritasi pada saluran napas atas.

"Prinsipnya, kalau kita sudah batuk jangan mengonsumsi yang merangsang saluran napas atas," tandasnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini