Anak Gampang Bosan dengan Mainan, Ini Tipnya

Evi Elfira, Jurnalis · Kamis 03 Juli 2014 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 03 196 1007857 Zw6TOeWQeq.jpg Ibu dan anak sedang bermain (Foto:Sheknows)

ORANGTUA seringkali mengalami kesulitan dalam menghadapi tingkah laku anak, apalagi jika anak sedang dalam masa keemasan. Mereka kerap kali cepat bosan terhadap hal-hal yang dilakukannya.Terlebih dengan mainan mereka.

Pada masa keemasan di usia nol hingga tiga tahun, perilaku anak yang cepat berubah-ubah serta mudah bosan merupakan hal yang wajar. Orang tua mungkin akan kebingungan dalam menghadapi perilaku anak ini, terutama dalam hal bermain.

Dalam bermain, anak-anak biasanya selalu menyukai hal yang baru terutama dengan mainan, namun juga cepat bosan akan permainan ataupun mainan tersebut. Kendati demikian, orang tua tidak perlu harus memberikan mainan yang baru kepada anak untuk memenuhi kebutuhan bermainnya.

"Cara sederhana untuk membuat anak tidak mudah bosan dengan mainannya adalah kreatifitas dari orang tuanya," kata Vera Itabiliana Hadiwidjojo selaku psikolog pakar perkembangan anak dalam acara "Play IQ.. Lebih dari Main!" di Pondok Indah Mall 2, Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Vera menjelaskan bahwa dalam satu mainan, orang tua harus memiliki kreatifitas dalam memainkan banyak permainan. Sehingga dalam satu mainan, sang anak bisa memainkan banyak permainan yang tentunya tidak akan membuat anak menjadi mudah bosan.

"Orang tua harus melakukan berbagai macam cara untuk memmbuat berbagai macam permainan dalam satu alat main. Anakpun juga akan terstimulus untuk kreatif dalam memainkannya," simpul Vera.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini