Masjid di Keraton Kasepuhan Cirebon Masih Andalkan Jam Matahari

Cipyadi, Jurnalis · Jum'at 04 Juli 2014 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 04 427 1008074 1KGdoBErIO.jpg Masjid di Keraton Kasepuhan Cirebon masih andalkan Jam matahari (Foto: Cipyadi/okezone)

CIREBON - Ada yang unik dalam penentuan waktu salat di Masjid Sang Cipta Rasa di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat.

Di dalam masjid yang telah berusia lebih dari 600 tahun itu, jam matahari atau jam istiwak masih tetap digunakan sebagai acuan untuk menentukan waktu salat. Hingga kini, jam kuno yang terbuat dari beton dan besi sebagai jarum penunjuk masih dirawat baik oleh pengelola masjid dan abdi dalem di lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon.

"Alat ini menjadi patokan dalam menentukan waktu salat berdasarkan posisi matahari," jelas Wajuri, salah seorang pengurus masjid kepada okezone, Kamis (3/7/2014).

Jam kuno yang dibuat sekira tahun 1400-an itu, tidak bisa digunakan bila cuaca mendung. Pasalnya, penggunaan jam ini sangat bergantung pada sinar matahari. Bayang-bayang besi yang dipasang di atas beton berbentuk silinder itulah yang dipergunakan untuk menunjukkan dan menentukan waktu salat.

Jam istiwak ini dianggap sebagai acuan penunjuk waktu salat yang paling tepat karena cara kerja jam ini didasarkan pada pergerakan matahari dan bumi.

"Semua bayangan yang dihasilkan memiliki arti tersendiri. Besaran sudut bayangan juga menentukan menit dari waktu penunjuk salat," imbuhnya.

Meski di dalam masjid telah terpasang jam modern dengan acuan waktu Indonesia bagian barat (WIB), namun jam istiwak masih tetap relevan digunakan hingga saat ini.

Keunikan lain dalam masjid tersebut adalah bentuk bangunannya yang berbentuk tajug yang beratap tumpang. Konstruksi ini sangat identik dengan bangunan Jawa.

Saat bulan suci Ramadan, jumlah jamaah yang berkunjung untuk melaksanakan ibadah di Masjid Sang Cipta Rasa di Keraton Kasepuhan Cirebon mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini