Alasan Kurma Ajwa Termahal saat Ramadan

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 08 Juli 2014 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 08 299 1009939 j0anNLkS72.jpg Alasan Kurma Ajwa Termahal saat Ramadan (Foto:zesterdaily)

BERAGAM kurma hadir di seluruh negara, khususnya saat Ramadan. Tapi pernahkah Anda ketahui, jenis kurma mana yang paling mahal? Ini Jawabannya

Di Ramadan, pasar buah kering khususnya dari Arab Saudi laris dibanjiri permintaan kurma baik dari Irak, Iran, Dubai, Tunisia, Israel, Aljazair termasuk Indonesia. Tapi, dari sekian banyak kurma, ternyata kurma Ajwa dari Arab Saudi paling mahal.

Pemilihan kurma Ajwa paling mahal pasti ada alasannya, dimana masyarakat Arab meyakini bila kurma ini dikenal sebagai kurma yang datang dari surga, sehingga pada awalnya pun yang mengonsumsi kurma ini adalah hanya orang-orang yang soleh atau bersih dari dosa.

"Nabi Muhammad mengatakan bahwa orang yang mengambil tujuh kurma Ajwa di pagi hari akan mendapatkan kesucian, makanya kurma ini dikenal sebagai kurma terfavorit oleh nabi kita," ucap Mistry Shahjahan, Warga Vashi seperti dilansir Dnaindia, Selasa (8/7/2014).

Menurutnya, kurma Ajwa juga memiliki kekuatan untuk penyembuhan. Mereka menganggap Nabi telah menyebutkan kurma ini sebagai Hadis, yakni sebuah tradisi dan legenda Muhammad dan pengikutnya yang digunakan sebagai dasar Islam.

Tak hanya itu saja, kurma ini punya tekstur halus. Memiliki ukuran lebih kecil serta terdapat garisan putih pada permukaan. Sehingga bisa menjadikan patokan dalam memilih kurma Ajwa dengan baik.

Untuk menjadikan kurma, maka buahnya diambil dari lahan kering lalu dijemur makanya jika membeli kurma Ajwa terlihat basah, proses inilah yang membuat kurma Ajwa jadi basah.

"Karena sangat berharga, maka masyarakat Muslim kerap membeli kurma Ajwa selama Ramadan sebagai makna keagamaan," bebernya lagi.

Selain dikonsumsi, kurma ini pun kerap dibeli orang sebagai pemberian terhadap orang yang disayangi. Bahkan, ada pula yang menjual kurma Ajwa dengan kemasan yang mewah. Kemudian, ada juga yang melapisi cokelat, madu dan bubuk buah kering terhadap kurma Ajwa.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini