Share

Masjid Al-Mashun Jadi Kebanggan Umat Muslim di Medan

Rudi Gunawan, Jurnalis · Jum'at 11 Juli 2014 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 11 427 1011401 iWUXoTlEX4.jpg Masjid Al-Mashun di Medan (Foto: Koran SI)

MEDAN - Siapa yang menyangka Masjid Al-Mashun yang terletak di jantung Kota Medan, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja sudah berusia seratusan tahun. Meski sudah “uzur”, namun bangunannya masih tetap utuh dan kokoh.

Masjid peninggalan Kerajaan Islam Melayu Deli itu hingga kini masih menjadi kebanggaan umat Islam di Medan, Sumatera Utara. Di saat Ramadan ini, pengelola masjid bahkan menyediakan bubur yang menjadi panganan kegemaran Sultan Deli saat berbuka puasa.

Masjid yang dibangun sejak 1906 itu bukan sekadar bangunan antik bersejarah biasa, tetapi menyimpan keunikan tersendiri mulai dari arsitektur. Bentuk bangunan berupa kubah, menara pilar utama, hingga ornamen-ornamen kaligrafi yang menghiasi tiap bagian bangunan masjid itu masih terjaga rapih.

Masjid tersebut dirancang dengan perpaduan gaya arsitektur timur tengah, India, dan Eropa abad ke 18 itu menjadi salah satu peninggalan Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam, penguasa ke-9 Kerajaan Melayu Deli yang berkuasa pada 1873-1924.

Bangunan bersejarah yang pertama kali digunakan pada Jumat 25 sya’ban 1329 H atau 10 September 1909 itu, dibangun di atas lahan seluas 18.000 meter persegi dan dapat menampung sekira 1.500 jamaah.

Ulamudin Sirait, Ketua Badan Kemakmuran Masjid Al-Mashun, mengatakan, tempat ibadah ini banyak dikagumi karena bentuknya unik tidak seperti bangunan masjid biasa yang umumnya berbentuk segi empat.

Masjid ini dirancang berbentuk bundar segi delapan dengan 4 serambi utama di depan, belakang, dan samping kiri kanan, yang sekaligus menjadi pintu utama masuk ke masjid.

Ornamen-ornamen yang terdapat di dalam mesjid tersebut terbuat dari ukiran kayu jenis merbau bergaya seni tinggi yang terbukti hingga kini masih tetap utuh. Belum lagi dengan ukiran dan hiasan ornamen khas Melayu Deli yang terdapat di setiap sudut bangunan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini