Menilik Masjid Tertua di Sidoarjo

Pramono Putra, Jurnalis · Minggu 13 Juli 2014 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 13 427 1012174 q0i8CSjeM5.jpg Masjid Al Hidayah-Gedangan, Sidoarjo (Foto: panoramio.com)

SIDOARJO - Masjid Al Hidayah-Gedangan, merupakan masjid tertua di Sidoarjo, Jawa Timur. Masjid megah di jalur Surabaya-Malang itu dan dikenal sebagai pusat pendidikan Alquran di Sidoarjo.

Masjid yang berdiri sejak 1907 itu, tampak dihiasi oleh sejumlah perangkat kuningan. Meski memiliki nilai sejarah, karena perkembangan teknologi masjid tertua di Sidoarjo itu sering dilupakan warga sebagai salah satu peninggalan sejarah perjuangan bangsa.

Masjid yang berada tepat di Jalan A Yani Gedangan-Sidoarjo itu, sebagai simbol kokoh dan kuatnya ajaran agama Islam di wilayah gedangan saat itu, meski beberapa kali mengalami renovasi.

Tidak diketahui secara jelas siapa pendiri masjid besar itu, konon berdasarkan sejarah, masjid ini kerap didatangi pejuang dan pahlawan saat proses perjuangan Indonesia ketika melawan penjajah, baik itu untuk beribadah atau sekadar beristirahat.

Ahmad Basori Mukhti, Ketua Takmir Masjid Al Hidayah-Gedangan, mengatakan, sekitar tahun 1907, masjid itu berupa bangunan joglo, yang mana pintu masjid tersebut terbuat dari kuningan dan berupa bangunan yang menyerupai buah nanas yang penuh dengan lubangan-lubangan peluru.

Menempati lahan sekira 1.000 meter persegi, masjid terletak satu komplek dengan pemakaman umum tempat Bupati Pertama Sidoarjo dimakamkan. Sedangkan perubahan bangunan masjid terjadi sekira 1997.

Proses renovasi besar-besaran dilakukan karena bangunan yang sudah tua dan rentan ambruk. Kini bangunan tersebut berdiri kokoh dan diisi dengan sejumlah kegiatan positif di dalamnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini