Terlalu Lama Duduk saat Mudik, Varises Mengancam!

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Jum'at 01 Agustus 2014 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 486 1017883 tJcygwXyyP.jpg Terlalu lama duduk saat mudik, varises mengancam!, (Foto: Womenworld)

SAAT orang berangkat atau pulang mudik, dengan berbagai moda transportas, banyak orang terpaksa duduk dalam hitungan berjam-jam. Kondisi ini berisiko pada varises atau kelainan pembuluh vena kaki.

Dr Dedy Pratama Sp. B(K)V, spesialis bedah vaskuler dari Venosan Clinic, menerangkan bahwa akibat duduk terlalu lama dalam perjalanan, aliran darah dari kaki ke jantung menjadi terhambat. Ini menyebabkan darah mengendap di tungkai, dan memicu pembentukan bekuan darah dalam sistem peredaran darah. Alhasil, muncul sekelompok urat di bagian betis yang biasa disebut varises.  

 "Begitu seseorang tidak menggerakkan kaki dalam waktu lama, aliran darah yang tertahan membuat pembuluh darah vena melebar. Saat masih tidak ada kontraksi ke atas (jantung-red), aliran darah akan membuat aliran baru, otomatis pembuluh darah vena rusak. Kaki seseorang pun mengalami varises," katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)

 

Tidak hanya terlalu lama duduk, terlalu lama berdiri juga berisiko mengalami varises. Terlebih, jika seseorang memiliki riwayat keluarga menderita varises, risiko terjadinya varises kian besar. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)

 

 "Berdiri juga bisa bikin varises datang karena darah dalam tubuh juga tidak bekerja, mengendap di tungkai seperti orang kelamaan duduk. Karenanya, cara terbaik untuk menepis itu ialah dengan kita harus banyak bergerak," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini