Tips Sehat saat Mudik (1)

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Jum'at 25 Juli 2014 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 482 1017935 TPWUZ0pGg5.jpg Sehat saat Mudik (Foto: Heru/Okezone)

PULANG kampung saat Lebaran atau mudik tentu sudah menjadi agenda wajib sebagian masyarakat Indonesia. Namun, perjalanan yang cukup panjang disertai dengan kondisi cuaca tak menentu, seringkali mengganggu kondisi fisik.

Penting dicermati bagaimana menjaga kesehatan yang benar selama mudik. Berikut beberapa tip sehat saat mudik yang dituturkan Dr dr Ari Fahrial Syam, dalam rilis yang diterima Okezone, belum lama ini.

1. Istirahat cukup sebelum berangkat , terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak bisa diprediksi.

2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olah raga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan, dan leher. (Baca: Penyakit Khas Para Pemudik)

4.  Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahannya yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa usahakan agar melakukan perjalanan sehabis berbuka. (bersambung)

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini