nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Sehat saat Mudik (2-Habis)

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Jum'at 25 Juli 2014 11:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 25 482 1017939 SPeeITd4VA.jpg Sehat saat Mudik (Foto: dok. Okezone)

PERJALANAN panjang saat mudik seringkali memicu masalah kesehatan. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegahnya.

Berikut tip yang bisa diikuti, menurut Dr.dr Ari Fahrial Syam dalam rilis yang diterima Okezone, belum lama ini.

1. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar panas. Ini terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made).

2. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan, usahakan membawa makanan kering. Jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6-8 jam setelah pembuatan. (Baca: Tip Sehat saat Mudik bag.1)

3. Jangan lupa  membawa obat-obatan sederhana, antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah, khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.

4.  Jangan lupa membawa obat-obat rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis, misal penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi, dan asam urat.

5. Mudik pada malam hari merupakan pilihan tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lengang.

6. Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Lebih baik barang bawaan, khususnya oleh-oleh, dipaketkan terlebih dahulu.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini