nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang Mudik Lebih dari 4 Jam, Wajib Lakukan Perenggangan Kaki

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Sabtu 02 Agustus 2014 00:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 07 25 486 1017909 pKTGIN2myr.jpg Pulang mudik lebih dari 4 jam, wajib lakukan perenggangan kaki, (Foto: Picdn)

DUDUK terlalu lama saat mudik dengan kereta dan pesawat bisa memicu seseorang mengalami varises. Karenanya, penting melakukan peregangan selama perjalanan.

Menurut Dr Dedy Pratama Sp. B(K)V, spesialis bedah vaskuler dari Venosan Clinic, peregangan selama perjalanan mudik sangat penting. Pasalnya, kegiatan ini bisa membuat aliran darah ke jantung tetap mengalir hingga kian menghindarkan seseorang dari varises.  

 "Kalau mudik naik pesawat atau kereta yang waktunya lebih dari empat sampai lima jam, posisi kaki harus diganti-ganti, jalan-jalan kecil, dan menggerakkan kaki ke atas-bawah. Semua itu agar aliran darah berjalan sebagaimana mestinya," katanya  saat diwawancarai Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

 

 Prinsipnya, lanjut dia, kaki harus digerakkan. Ini terutama jika kaki terasa pegal. (Baca: Penyakit-Penyakit Khas Para Pemudik)

"Rasa pegal saat duduk juga bisa menandakan adanya aliran darah yang tidak lancar. Jadi, kalau sudah merasakan seperti, langsung sering menggerakkan kaki," pungkasnya.

 

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini