nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Sakit Ini, Wajib Regangkan Kaki saat Mudik

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Sabtu 02 Agustus 2014 20:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 07 25 486 1017911 b57Hm5CzJf.jpg Miliki sakit ini, wajib regangkan kaki saat mudik, (Foto: Foxnews)

KELAMAAN duduk saat mudik naik kereta atau pesawat mungkin tidak begitu jadi masalah bagi yang masih sehat. Namun, jika Anda memiliki gangguan pembuluh darah pada kaki dan perkapuran, disarankan untuk melakukan peregangan.

 

Dr L. Andre Pontoh, SpOT (K), spesialis bedah orthopedi RS Pondok Indah mengatakan bahwa orang yang memiliki masalah kesehatan pada bagian kaki, seperti varises, perkapuran, dan artritis, harus menyempatkan peregangan. Tujuannya untuk mencegah pembekuan darah atau muncul rasa nyeri selama perjalanan mudik .

 

 "Secara anatomi, pembuluh darahnya sudah bermasalah. Kalau tidak direnggangkan, kaki akan pegal kemudian naik satu tingkat lagi, nyeri dan sakit. Mereka yang mengalami varises, perkapuran, dan artritis juga bakal mengalaminya," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini. (Baca: Penyakit-Penyakit Khas Para Pemudik)

 Cara peregangan bisa dengan meluruskan kaki ke depan jika kaki Anda terlalu lama menekuknya. Bisa memijatnya agar peredaran darah bisa cepat lancar. (Baca: Dampak Buruk jika Anda Dehidrasi)

 

 Waktu terbaik untuk melakukan peregangan, menurut Dr Andre, adalah 10 menit sekali. "Sekitar 10 menit sampai 12 menit kaki sudah bisa diregangkan. Ingat ya diregangkan, bukan dihentak-hentakkan," pungkasnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini