Psikolog Sebut Marshanda Alami Gangguan Jiwa Histerionik

Raiza Andini, Jurnalis · Selasa 05 Agustus 2014 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 05 198 1020045 YxRPX8bta8.jpg Marshanda (Foto: Edi/Okezone)

MARSHANDA dikabarkan dipasung di rumah sakit saraf Abdi Waluyo oleh ibunya sendiri. Psikolog Oriza Sativa menilai, gangguan kejiwaan Marshanda tengah kambuh, sejak sempat menghebohkan dengan video makiannya pada beberapa tahun lalu.

Marshanda atau akrab disapa Caca sudah terkenal sejak kecil, dengan membintangi sejumlah sinetron. Ketika dewasa, bukan prestasi yang ditunjukkan melainkan sejumlah pemberitaan negatif tentang dirinya. Ada banyak pemberitaan negatif tentang dirinya, dari perceraian, melepas hijab, hingga dimasukkan ke dalam rumah sakit akibat gangguan jiwa.

Psikolog RA. Oriza Sativa, S.Psi, Psi, CH,CCR, mengatakan bahwa Caca kemungkinan mengalami kekambuhan gangguan kejiwaan seperti pernah dialaminya beberapa tahun lalu. Kondisi ini terjadi lantaran Caca tengah dirundung banyak masalah. (Baca: Marshanda Bukan Dipasung, tetapi Disiksasi)

“Kalau kita flash back, dulu dia pernah sempat histeris di YouTube, mencaci maki banyak orang. Mungkin saat ini, (gangguan kejiwaan) dia sedang kambuh karena banyak permasalahan yang dialami,” tuturnya kepada Okezone lewat sambungan telefon, Senin 4 Agustus 2014.

Memang, beberapa tahun lalu, Caca sempat membuat heboh dengan mengunggah video histerisnya sambil menangis dan mencaci beberapa temannya di YouTube. Oriza mengatakan, perlu ada pendekatan psikologis kepada Caca, untuk mengetahui mengapa dia melakukan hal tersebut.

Dia menduga Caca mengalami gangguan jiwa histerionik, yang menyebabkan dirinya bertindak histeris akibat depresi hebat paska perceraian. Menurutnya, Caca sangat rentan terhadap berbagai hal terkait masalah kejiwaan. Inilah, ujarnya, yang menyebabkan mantan istri Ben Kasyafani tersebut kambuh gangguan kejiwaannya. (Baca: Kondisi Kejiwaan Marshanda Bisa Menurun ke Anaknya)

“Dia diprediksi mengalami gangguan dengan golongan histerionik, karena itu depresi dan ada hal yang membuatnya sakit hati. Saya melihat Marshanda sosok yang rentan, mudah rapuh, dan kepribadiannya lemah, jadi bisa gangguan kejiwaan dan bisa kambuh kapanpun,” tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini