nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Segar Berkat Pijat Ayurveda Shirodara

Genie, Jurnalis · Minggu 10 Agustus 2014 19:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 08 10 195 1022428 cFlt0cY32A.jpg Segar berkat pijit ayuverda (Foto:Blisfullmindspa)

PIJAT  ayurveda ini sudah terkenal di India sejak ribuan tahun. Kucuran kecil minyak yang diracik khusus ke atas kening, tepatnya dicakra ajna ( mata ketiga ), dapat menghilangkan stress, insomnia, melancarkan peredaran darah, dan memperlambat proses tumbuhnya rambut putih atau uban.

Aktivitas yang padat terkadang membuat kita menjadi lelah. Akibatnya, kita akan mengalami gangguan stres, wajah kusam, sakit kepala, nyeri otot bahu, badan letih dan lesu. Cara untuk mengatasinya adalah dengan tidur. Namun, tidur yang terlalu banyak akan mengakibatkan tubuh semakin lelah.

“Kita ibaratkan tubuh seperti besi yang sudah lama tidak terpakai. Jika organ tubuh terlalu lama diistirahatkan, organ pun akan karatan dan akibatnya tubuh menjadi pegal dan cepat lelah,”jelas Tari, pemilik House of Ballare Spa.

 

Selain, padatnya aktivitas, kelelahan juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dan vitamin. Kurangnya asupan gizi dan vitamin membuat tubuh mengalami kekurangan oksigen dan akhirnya menjadi pegal-pegal dan lelah. Depresi juga membuat pikiran menjadi lelah, energy terkuras, dan akhirnya menimbulkan pola hidup yang tak sehat.

Rileksasi menjadi satu cara yang tepat untuk mengatasinya. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan rileksasi seperti terapi pijat, terapi totok, terapi aroma, terapi mandi, terapi meditasi, dan masih banyak lagi. Terapi yang paling tepat untuk mengatasi rasa lelah adalah dengan terapi pijat ayurvedic atau yang biasa disebut ayurveda shirodara.

 

Ayurveda shirodara adalah perawatan kesehatan alami yang berasal dari India. “Ayur“ berarti hidup dan “veda” berarti pengetahuan. Konsep ayurveda mirip dengan konsep yin dan yang dalam pengobatan Cina karena sama-sama berbicara tentang keseimbangan.  

Dalam ayurveda ada dosha, yaitu pembagian tubuh berdasarkan sifat dasarnya seperti udara (vata), air (kapha), dan api (pitta). Jika ketiga unsur tersebut tidak seimbang, akan timbul rasa sakit. Dan agar keseimbangan kembali didapat, perlu dilakukan proses perawatan ayurveda.  

“Semua manfaat itu didapat dari kucuran kecil minyak racikan khusus ala India di daerah kening, tepatnya dicakra ajna,” sambungnya.

Adapun perawatan ini terdiri atas pemijatan seluruh tubuh dengan minyak yang diracik khusus untuk rileksasi dan ada totok wajah.  “Totok wajah berguna untuk merileksasikan otot saraf  pada wajah,” ujarnya. Minyak racikan khusus dari India ini disesuaikan dengan golongan/tipe tubuh berdasarkan ilmu tradisi India kuno. Kepala dipijat dengan minyak dan krim khusus. Perawatan diakhiri dengan mandi.

“Sebenarnya tidak mandi juga tidak masalah. Karena minyak yang digunakan memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Biarkan saja minyaknya meresap dikulit,” terangnya. Minyak ini akan membuat kulit lembap, elastis, cerah, dan halus.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini