Share

Jangan Biarkan Penderita Gangguan Bipolar Pegang Obatnya Sendiri!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 12 Agustus 2014 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 12 482 1023505 LjHWDy50V3.jpg Robin Williams Alami Depresi Berat (Foto: Reuters)

KEPERGIAN aktor Robin Williams karena bunuh diri begitu mengejutkan banyak kalangan. Diketahui, ternyata aktor kawakan ini sejak lama menderita gangguan bipolar.

Menurut dr. A.A. Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ (K), ahli ganguan jiwa, psikiatri, sekaligus Kepala Departemen Psikiatri RSCM, Robin Williams dimungkinkan sedang dalam episode depresi. “Dari beberapa berita yang saya baca, Robbin Williams katanya pasien bipolar, tetapi dia sedang dalam episode depresi. Jadi, pasien bipolar, kalau dia sedang depresi mungkin seperti Robbin Williams ini, yakni depresi berat,” katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, Selasa (12/8/2014).

dr Agung menambahkan, hal terpenting dalam menangani orang-orang yang mengalami gangguan bipolar adalah tidak membiarkan mereka memegang obatnya sendiri. Menurutnya, ketika orang-orang dengan gangguan bipolar sedang dalam episode depresi berat, mereka menganggap bahwa minum obat secara berlebihan adalah cara termudah untuk bunuh diri.

“Paling penting dan harus dijaga pada orang-orang yang depresi berat adalah obat jangan mereka pegang sendiri. Jadi, jangan pasiennya sendiri yang pegang obat mereka karena minum obat secara banyak itu adalah cara paling baginya untuk bunuh diri, dan itu yang paling sering terjadi,” tegasnya.

dr Agung menjelaskan bahwa obat anti-depresan yang biasa dikonsumsi orang-orang dengan gangguan bipolar atau sedang depresi berat akan tidak aman jika dipegang individu pasien. Jadi, salah satu upaya untuk mengontrol orang-orang yang sedang depresi berat adalah jangan membiarkan mereka memegang sendiri obatnya. (Baca: Robin Williams Bunuh Diri di Usia Matang, Apa Sebab?)

“Obat anti depresan itu kan tidak aman, jadi paling gampang dia pakai obatnya sebagai alat bunuh diri. Oleh karena itu, sebaiknya pasien depresi berat itu obatnya orang lain yang pegang, jangan dia sendiri, jadi upaya untuk mengontrol depresi,” imbuhnya. (Baca: Seperti Robin Williams, Bunuh Diri Jadi Tanda Depresi Berat)

“Sehingga penting edukasi yang benar kepada masyarakat agar mengerti mengapa pasien bipolar harus minum obat, kenapa harus konsultasi, sehingga mengalami bipolar bukan suatu aib. Tidak apa-apa, kok, banyak juga bintang selebriti mengalami bipolar. Yang penting, kontrol dengan obat, konsultasi, dan diterapi,” tutupnya. (Baca: Menjadi Sorotan Publik Bukan Sebab Robin William Depresi)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini