Hadiri Pemakaman di Toraja Harus Berbaju Hitam

Winda Destiana, Jurnalis · Kamis 14 Agustus 2014 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 14 407 1024492 13nkDycefb.jpg Hadiri pemakaman di Toraja harus berbaju hitam (Foto: Winda/Okezone)

TORAJA dikenal karena memiliki upacara adat pemakaman yang cukup unik. Bila beruntung, Anda bisa menyaksikan prosesi ini yang sulit untuk ditemukan.  

Pasalnya, upacara adat pemakaman ini membutuhkan banyak biaya yang cukup besar. Untuk itu, upacara tersebut tidak bisa dipastikan kapan dan tidak ada yang mengetahui persisnya.

 

Bila beruntung, Anda akan mendapatkan momen ini. Tapi jangan lupa, siapkan baju hitam-hitam sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga yang sedang berduka cita.

 

Menurut penduduk sekitar, pakaian hitam-hitam merupakan bentuk duka cita. Ada beberapa warna yang dilarang ketika menghadiri upacara ini, yakni kuning. Pasalnya, kuning adalah warna yang digunakan saat pesta pernikahan.

 

Tentunya, upacara kematian ini jangan sampai benturan dengan upacara syukuran di kawasan tersebut. Harus saling berganti-gantian, agar bisa saling menghormati satu sama lain.

 

Meski upacara pemakaman adat ini tidak bisa ditentukan, namun ada bulan-bulan yang memang sudah pasti ada ritual ini, yaitu Juni, Juli, atau Desember. Anda pun akan mendapatkan pemandangan bagaimana sakralnya adat-istiadat di tempat ini.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini