Mengenal Prosesi Upacara Kematian Rambu Solo Toraja

Winda Destiana, Jurnalis · Kamis 14 Agustus 2014 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 14 407 1024520 PxwqSmuoqg.jpg Mengenal prosesi upacara kematian Rambu Solo Toraja (Foto: Winda/Okezone)

UPACARA adat kematian ini bernama Rambu Solo. Ini merupakan upacara kematian di mana keluarga yang ditinggalkan membuat pesta hingga berhari-hari.  

Upacara ini bukan semata-mata kesenangan belaka. Namun, upacara kematian ini merupakan bentuk penghormatan mereka terhadap yang meninggal.

 

Pesta ini tidak berlangsung hanya satu malam saja, namun juga beberapa malam ke depan. Bahkan, ada yang sampai 15 hari tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

Upacara ini juga identik dengan penyembelihan kerbau, serta babi dengan jumlah yang bergantung kepada strata sosial masyarakat Toraja. Sebelum dimakamkan, mayat yang sudah meninggal dikebumikan di rumah adat.

 

Jika pihak keluarga sudah mampu merayakan upacara adat kematian tersebut, mereka bisa melakukannya dengan segera mungkin. Akan tetapi, jarang yang seperti ini.

 

Pihak keluarga biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk memutuskan kapan mereka akan membuat upacara adat pemakaman. Pasalnya, uang yang dibutuhkan untuk membuat upacara ini tak sedikit. Mulai ratusan juta hingga miliaran.

 

Untuk itu, banyak dari keluarga yang mengulur prosesi upacara adat pemakaman ini hingga bertahun-tahun lamanya, sesuai dengan kesepakatan semua keluarga. Namun biasanya, mayat tersebut disimpan di Tongkonan hingga satu tahun.

 

Selama menunggu prosesi pemakaman adat tersebut berlangsung, pihak keluarga menaruh mayat keluarga yang meninggal itu di rumah atau dalam Tongkonan. Jika tidak memiliki Tongkonan, mayat bisa diletakkan di rumah.

 

Orang Toraja percaya bahwa mayat yang belum di upacarakan atau dikuburkan, arwahnya masih berada di dekat mereka. Agar tidak mengeluarkan bau dan menjaga keutuhan dari tubuh mayat, pihak keluarga memberikan suntikan formalin hingga bisa bertahan lama sebelum dikuburkan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini