Arti Tanduk Kerbau di Depan Rumah Adat Tongkonan

Winda Destiana, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 15 407 1024814 G7t9fO7qUZ.jpg Arti tanduk kerbau di depan rumah adat tongkonan (Foto: Winda/Okezone)

BERKUNJUNG ke Toraja, Anda pasti akan disuguhkan pemandangan indah rumah adatnya. Setelah diperhatikan dengan saksama, di bagian depan rumah ada tanduk kerbau berjajar. Apa artinya?  

Ada ciri lain yang menonjol, yaitu kepala kerbau menempel di depan rumah dan tanduk-tanduk kerbau pada tiang utama di depan setiap rumah orang Toraja. Jumlah tanduk kepala kerbau tersebut berbaris dari atas ke bawah dan menunjukkan tingginya derajat keluarga yang mendiami rumah tersebut.

 

Di sisi kiri rumah yang menghadap ke arah barat, dipasang rahang kerbau yang pernah disembelih. Di sisi kanan yang menghadap ke arah timur dipasang rahang babi.

 

Ornamen tanduk kerbau di depan tongkonan melambangkan kemampuan ekonomi sang pemilik rumah saat upacara penguburan anggota keluarganya. Setiap upacara adat di Toraja, seperti pemakaman akan mengorbankan kerbau dalam jumlah yang banyak.

 

Tanduk kerbau kemudian dipasang pada tongkonan milik keluarga bersangkutan. Semakin banyak tanduk yang terpasang di depan tongkonan, semakin tinggi pula status sosial keluarga pemilik rumah tongkonan tersebut.

 

Umumnya, tanduk kerbau yang ada pada tongkonan ini akan bertahan lama hingga ratusan tahun lamanya. Dan selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang karena bentuknya yang dijajarkan ke atas.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini