Toraja Khas dengan Ukiran & Ornamen Empat Warna

Winda Destiana, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 15 407 1024815 z7iQhhNHcu.jpg Toraja khas dengan ukiran & ornamen empat warna (Foto: Winda/Okezone)

BERKUNJUNG ke Tana Toraja, selain akan menikmati pemandangan yang sejuk, Anda juga harus memerhatikan warna dasar ini. Jika tidak, Anda bisa salah mengenakan warna pakaian saat upacara adat Toraja.  

Seperti dikatakan FB Sorring, Toraja memiliki empat warna dasar yang khas yakni, hitam, merah, kuning dan putih. Warna-warna tersebut mewakili kepercayaan asli Toraja.

 

"Tiap warna-warna tersebut digunakan pada upacara masing-masing. Jika pada upacara kematian, semua harus mengenakan hitam, putih atau merah, sementara perkawinan menggunakan kuning dan merah," katanya kepada Okezone di Toraja, belum lama ini.

 

Dia menjelaskan, warna hitam melambangkan kematian dan kegelapan. Kuning adalah simbol anugerah dan kekuasaan Ilahi. Merah adalah warna darah yang melambangkan kehidupan manusia. Dan putih adalah warna daging dan tulang yang artinya suci.

 

"Empat warna dasar tersebut sudah bisa dilihat begitu masuk ke kawasan Toraja. Pasalnya sangat khas dan nampak di setiap rumah adat di sepanjang jalan," tutupnya.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini