Orang Toraja Tak Lagi Makamkan Jenazah di Tebing Batu

Winda Destiana, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 15 407 1025088 t44eapkBd4.jpg Orang Toraja tak lagi makamkan jenazah di tebing batu (Foto: Winda/Okezone)

SEJAK mengenal semen dan bahan pembuat bangunan, masyarakat Toraja tak lagi menguburkan jenazah keluarga mereka di atas tebing, melainkan di dalam sebuah bangunan. Hal ini seperti dikatakan Kepala Adat Kete Kesu Layuk Sarangullo.  

Dia mengatakan bahwa sejak masuknya semen dan peralatan bangunan lainnya, hampir seluruh masyarakat Toraja, terutama bangsawan mulai membuat bangunan yang tentu lebih tinggi dari rumah tempat tinggal mereka sebagai pekuburan.

 

“Sejak tahun 1960-an. Masyarakat di sini mulai mengenal semen dan membuat bangunan bagi pemakaman keluarga. Umumnya, letak bangunan tersebut lebih tinggi dari bangunan rumah mereka,” katanya kepada Okezone, belum lama ini.

 

Meski demikian, kata dia, bukan berarti serta merta semua masyarakat beralih menggunakan bangunan. Hanya beberapa saja, sementara yang lain masih menguburkan di tebing.

 

“Masih ada kok masyarakat yang menguburkan mayat keluarga mereka di tebing. Tetapi tidak di atas, hanya di bagian bawah atau dalam gua,” tambahnya.

 

Baginya, mau dikuburkan dalam bangunan atau di tebing sama saja. Terpenting upacara adat pemakaman tetap berlangsung dan dilestarikan hingga kini.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini