Kete Kesu Pusat Oleh-Oleh Toraja

Winda Destiana, Jurnalis · Sabtu 16 Agustus 2014 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 16 407 1025417 YxPhcAIi0x.jpg Salah satu toko souvenir yang ada di Kete Kesu, Toraja Utara (Foto: Winda/Okezone)

TAK perlu pusing mencari cenderamata berupa kerajinan tangan di Toraja. Berbagai kerajinan khas ada di desa ini.  

Selain menjadi desa wisata atau kompleks cagar budaya yang memiliki pemandangan alam nan indah serta sejuk, kawasan Kete Kesu juga terkenal sebagai daerah penghasil kerajinan pahat, ukir, dan lukis. Kemampuan memahat dan mengukir tersebut sepertinya diajarkan secara turun-temurun.

 

Di sekitar Tongkonan, Anda dengan mudah menemukan toko-toko yang menjual aneka macam produk kerajinan tangan. Bahkan, Anda dapat secara langsung menyaksikan proses kreatif para pemahat yang memang melakukan kegiatannya di toko-toko tersebut.

 

Beberapa cendramata atau suvenir yang dijual di toko-toko kecil berupa tatakan gelas, nampan, gelang dan kalung cantik, patung, hiasan dinding, dan lukisan. Hampir semua benda kerajinan tersebut bermotif hiasan hasil lukisan atau ukiran khas masyarakat Kete Kesu sendiri.

 

Kisaran harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp1.000 untuk tatakan gelas, Rp20.000 hingga Rp25.000 untuk nampan, dan jutaan rupiah untuk lukisan yang diukir, termasuk kain tenun asli berusia tua. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan Tongkonan mini dengan harga berkisar Rp60.000 hingga ratusan ribu, tergantung ukuran yang Anda inginkan. Semakin besar Tongkonan, harga semakin mahal.

 

Masyarakat Kete Kesu menjual suvenir kerajinan tangan sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan. Sebab sebagai masyarakat agraris, sumber penghasilan utama mereka tetap dari sektor pertanian.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini