Rantepao, Kota Hujan Milik Sulawesi Selatan

Winda Destiana, Jurnalis · Sabtu 16 Agustus 2014 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 16 407 1025453 cZMxxNHT5N.jpg Rantepao, kota hujan dari Sulawesi Selatan

TERNYATA, bukan hanya Bogor yang dikenal sebagai kota hujan. Rantepao pun mendapat julukan demikian.  

Rantepao merupakan sebuah kota kecil di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan dari seluruh dunia untuk mengagumi keindahan Toraja. Sangat mengesankan pula, kota ini dikelilingi oleh perbukitan dengan puncak yang senantiasa ditutupi oleh kabut tersebut.

Sebagai ibu kota dari Toraja Utara, Rantepao terkenal sebagai kota yang cantik dan memiliki suhu yang sejuk. Kota ini menunjukan pesonanya yang masih bernuansa tradisional dan itu semakin menarik dengan lanskap alam yang hijau. Kota Rantepao dikelilingi perbukitan yang puncaknya senantiasa ditutupi kabut.

 

Sepanjang tahun hujan mengguyur kota ini, bahkan di musim kemarau sekalipun. Tak heran, Rantepao disebut sebagai kota hujan. Selain itu, Rantepao dilalui oleh Sungai Sa’dan di mana telah menjadi sumber air bagi pertanian dan peternakan di wilayah sekitarnya.

 

Lokasi Kota Rantepao yang strategis dan dekat dengan beberapa kawasan tujuan wisata terkenal di Toraja menjadi nilai tambah tersendiri. Rantepao berjarak sekira 4 kilometer dari salah satu desa tujuan wisata yang paling terkenal di Toraja, yaitu Kete Kesu. Mengunjungi Londa (makam gua kapur kuno), maka jarak yang harus Anda tempuh sekira tujuh kilometer. Rantepao Lemo berjarak sekira 10 kilometer di sebelah Selatan Rantepao. Lemo juga area pemakaman tua bagi para leluhur masyarakat Toraja.

 

Sedangkan untuk menuju Makale, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja, jarak yang harus ditempuh adalah sekira 18 km dari sebelah utara. Sementara, jarak Rantepao Kambira adalah 20 kilometer. Di Kambira terdapat pohon Tarra berumur sekitar 300 tahun dan sekaligus kuburan bagi puluhan jenazah bayi berusia tujuh bulan. Batutumonga Rantepao dapat ditempuh dalam jarak 22 km terdapat 56 menhir di desa ini. Untuk menuju Tilangga (objek wisata pemandian alam), jaraknya sekira 12 km dari selatan Rantepao.

 

Sebagai gerbang wisata Tana Toraja, memang tak banyak objek wisata yang dapat ditawarkan di Rantepao. Akan tetapi mengingat letaknya cukup strategis, maka Rantepao adalah kota penting sebagai basis bagi wisatawan untuk mengekplorasi objek wisata yang terletak di sekitar kota hujan ini.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini