nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Berlebihan Obat Tidur Xanax, Ketergantungan Risikonya!

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Senin 18 Agustus 2014 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 18 482 1026032 LdXQv0eLAw.jpg Konsumsi Berlebihan Obat Tidur Xanax, Ketergantungan Risikonya (Foto: Spritualriver)

OBAT Xanax belakangan menjadi pembicaraan publik, terutama setelah artis cantik Marshanda membuat pengakuan terkait konsumsi obat tersebut sejak masih remaja. Lantas, apa sebenarnya obat Xanax?

Menurut dr Kristiana Siste Sp.KJm, Xanax adalah jenis obat yang memiliki indikasi untuk mengurangi kecemasan. Selain itu, Xanax juga menjadi obat tidur. (Baca: Kematian Robin William, Antara Depresi dan Kesedihan)

"Xanax ini merek obat. Jenisnya alprazolam dan masuk ke golongan benzodiazepine. Obat ini indikasinya mengurangi kecemasan, bisa juga membantu tidur karena efeknya memberi kantuk," katanya saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Senin (18/8/2014).

Kendati demikian, pemberian Xanax tentunya harus melalui resep dokter. Sebab, Xanax yang dikonsumsi tidak sesuai ketentuan juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. (Baca: Pria Lahir Sebelum 1960 Berisiko Bunuh Diri)

"Ini harus lewat resep dokter. Semua golongan benzodiazepine bisa menimbulkan ketergantungan lebih tinggi daripada yang lain," tutup staf pengajar di FKUI itu.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini