nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Remaja Konsumsi Obat Penenang?

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Selasa 19 Agustus 2014 02:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 08 18 483 1026360 2hORzsZPDQ.jpg Bolehkah Remaja Konsumsi Obat Penenang? (Foto: Spiritualriver)

DALAM pengakuannya, artis Marshanda ternyata sudah mengonsumsi obat penenang yakni xanax sejak remaja. Lantas apakah tindakan ini dibenarkan?

Menurut dr Kristiana Siste Sp.KJ, xanax sebenarnya bisa dikonsumsi siapa saja, termasuk remaja. Namun, orang yang mengonsumsi obat tersebut harus memiliki indikasi tertentu.

"Anak kecil tentu tidak. Tapi remaja dengan usia lebih dari 14 tahun bisa diberikan, asal dia memiliki indikasi tertentu seperti kecemasan, serangan panik atau susah tidur," saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Senin, 18 Agustus 2014.

Xanax sendiri sebenarnya obat penenang jenis alprazolam dan masuk ke golongan benzodiazepine. Meski dijual bebas, xanax harus dikonsumsi sesuai resep dokter. Sebab, obat tersebut menimbulkan ketergantungan yang lebih besar. (Baca: Konsumsi Berlebihan Obat Tidur Xanax, Ketergantungan Risikonya!)

"Semua golongan benzodiazepine bisa menimbulkan ketergantungan lebih tinggi daripada yang lain. Organ tubuh juga bisa berdebar-debar," tutupnya.  

 

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini