Image

Kopi Dapat Melawan Penyakit Mulut

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 24 Agustus 2014, 10:25 WIB
https img z.okeinfo.net content 2014 08 24 486 1029008 7O9v5Pgfs0.jpg Kopi Dapat Melawan Penyakit Mulut (Foto: Telegraph)

TIDAK semua orang suka minum kopi, karena khawatir berdampak buruk bagi gigi dan mulut. Tetapi, benarkah minum kopi selalu merusak kesehatan gigi dan mulut?

Kabar baik untuk pecinta kopi, karena para peneliti dari Boston University telah menemukan bahwa antioksidan di dalam kopi dapat melawan penyakit gusi. Tentu ini akan menjadi alasan tepat mengapa Anda harus minum kopi.

Lebih lanjut, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology, spesialis kesehatan  School of Dental Medicine, Nathan, menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko jumlah gigi dengan kehilangan tulang periodontal. Nathan mengatakan bahwa meskipun risiko penurunan terbilang kecil, namun sangat signifikan.

"Kami menemukan bahwa konsumsi kopi tidak memiliki efek buruk pada kesehatan periodontal, justru sebaliknya. Minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit periodontal," kata Nathan seperti dikutip Newsmaxhealth, Minggu (24/8/2014).

 

"Ini adalah studi jangka panjang pertama dari jenisnya yang telah meneliti hubungan antara konsumsi kopi dan penyakit periodontal pada manusia," tambahnya. (Baca: Selain Diabetes, Kopi Cegah Kanker Payudara)

Sementara, dalam penelitian ini para peneliti memeriksa catatan kesehatan gigi 1.152 orang di US Department of Veterans Affairs Teeth Longitudinal Study. Para peserta disurvei mengenai konsumsi asupan kopi mereka dan membandingkan hasilnya dengan catatan kesehatan gigi mereka pada periode tertentu untuk mencapai kesimpulan.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini