Film Sarana Efektif Promosikan Pariwisata Indonesia

Winda Destiana, Jurnalis · Senin 01 September 2014 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 01 407 1032481 cBPOJYm3Cu.jpg Salah satu film yang mendatangkan wisatawan ke Belitung (Foto: Google)

PROMOSI destinasi wisata tak hanya melalui promo atau kegiatan acara, kini film juga dijadikan wadah yang paling efektif untuk tingkatkan kunjungan wisatawan.  

Dikatakan oleh sutradara cantik, Lola Amaria bahwa kehadiran film juga dapat menjadi sarana promosi pariwisata daerah tersebut. Dengan film, wisatawan jadi banyak tahu akan daerah lainnnya.

 

"Jadi wisatawan tak hanya tahu Jawa atau Bali, kalau kita shooting di tempat lain seperti Indonesia Timur, orang jadi tahu bahwa disana ada destinasi menarik," katanya kepada Okezone belum lama ini.

 

Dikatakan lebih lanjut, Amerika sudah menggunakan cara ini untuk mempromosikan suatu daerahnya. Semua film di Amerika pasti membawa nama tempat.

 

"Ya seperti film What Happens in Las Vegas, Manhattan, dan sebagainya, kita belum terlambat kalau mau seperti Amerika, menjual suatu daerah melalui film," katanya menambahkan.

 

Saat ini Badan Promosi Pariwisata Indonesia tengah gencar melakukan promosi pariwisata melalui film. Hal ini mendulang kesuksesan Eat Pray Love, Laskar Pelangi dan 5cm yang sukses mendatangkan wisatawan ke daerah tersebut. Bukan hanya pariwisata, namun film juga dijadikan media sebagai salah satu cara mempromosikan budaya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini