nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Ini Sebelum Donor Darah!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 18 September 2014 06:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 17 482 1040670 BrhUSSyNpC.jpg Donor darah harus memperhatikan banyak hal (Foto: Dok. Okezone)

MENDONORKAN darah memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum kita mendonorkan darah.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan ketika mendonorkan darah adalah yakin diri kita sehat. Menurut Dr Salimar bila merasa tidak enak badan ataupun diare sebaiknya donor darah ditunda.

"Jadi memang pertama harus yakin kalau kita merasa sehat. Kemudian, tekanan darah tidak boleh tinggi, tidak boleh lebih dari 180/100 dan terlalu rendah 100/60. Kalau tekanan darah kurang atau lebih dari itu dianjurkan untuk menunda donor darah," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (17/9/2014).

Selain itu, Dr Salimar mengungkapkan bahwa ketika ingin mendonor, hemoglobin (HB) juga akan diperiksa terlebih dahulu. Menurutnya, hemoglobin tidak boleh kurang dari 12 sampai 12,5 persen.

"Kemudian, berat badan juga tidak boleh kurang dari 45 kilogram, sedangkan kelebihan berat badan tidak apa-apa diambil darahnya," jelasnya.

"Sebelum donor juga tidak boleh begadang, tidurnya minimal harus 4 jam malamnya. Kemudian tiga hari sebelum donor kita anjurkan untuk minum air putih yang banyak supaya peredaran darahnya lebih bagus," tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini