nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PMI Jakarta Kesulitan Cari Golongan Darah AB

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 18 September 2014 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 18 482 1040989 5M3l3OVsiG.jpg PMI kesulitan menjadi pendonor darah dengan golongan AB (Foto: Dok. Okezone)

SETIAP harinya Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta bisa mengumpulkan rata-rata 1000 kantung darah, di mana tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan darah di Jakarta. Tetapi, adakah kendala yang dialami PMI Jakarta dalam mengumpulkan stok darah selama ini?

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, mengatakan bahwa sejauh ini kendala yang dialami tidak terlalu besar. Namun, menurut Dr Salimar untuk mencari golongan darah AB memang terbilang sulit.

Beberapa waktu PMI Jakarta telah rutin mengunjungi beberapa instansi untuk mengumpulkan stok darah, terutama mencari golongan darah AB, tetapi di sinilah kendalanya. Menurut Dr Salimar, tidak banyak pendonor yang mengerti bila stok golongan darah AB sangat minim, padahal itu yang sangat dicari oleh PMI Jakarta.

"Kendalanya adalah ketika kita katakan kepada pendonor PMI mencari golongan darah AB dulu mereka pasti bilang, 'yah sayang kan sudah datang masa tidak jadi donor, ambil saja deh'. Meskipun kita sudah bilang, 'bisa tidak pak ditunda dulu tetapi carikan pendonor golongan darah AB dulu biar memenuhi kebutuhan kita' pasti tidak mau mereka," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu 17 September 2014.

"Padahal kita golongan darah O kan masih banyak. Kalau misalkan expired kan sayang, karena cuma bisa disimpan sebulan, sedangkan dalam bentuk trombosit hanya lima hari, sehingga kalau sudah rusak akan kita musnahkan," tambahnya.

Untuk diketahui, stok darah di PMI Jakarta hingga 17 September 2014 terlihat golongan darah AB hanya ada 569 kantung darah. Sementara, golongan darah O sebanyak 2795 kantung darah, golongan darah B 2215, dan golongan darah A berjumlah 1507 kantung darah.

(fik)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini