nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Donor, Darah Tidak Akan Habis!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 22 September 2014 05:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 18 482 1041269 i9OxQRgDKA.jpg Rajin donor, darah tidak akan habis (Foto: Dok. Okezone)

DONOR darah rutin tiga bulan sekali sangat dianjurkan agar badan lebih sehat. Namun, terkadang sebagian orang ragu untuk rutin mendonor darah, karena khawatir darah mereka habis.

Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, mengatakan bahwa stigma tersebut sama sekali tidak benar. Bahkan, Dr Salimar menjelaskan contoh bukti bila donor tidak akan membuat darah habis.

"Stigma tersebut tidak betul. Buktinya banyak orang yang sudah sampai 100 kali mendonorkan darahnya, boleh dikatakan sudah 30 liter darahnya diambil selama bertahun-tahun. Bukti tersebut menyataka bahwa darah kita selalu diproduksi, kalau tidak, mana mungkin bisa sampai 100 kali donor darah," ujarnya kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, belum lama ini

Dr Salimar menjelaskan bahwa ketika darah seseorang diambil, maka otomatis tubuh kita langsung bereaksi membentuk darah baru. Oleh karena itu, menurut Dr Salimar tubuh manusia memiliki mekanisme dan respon yang sangat bagus ketika ada sesuatu kekurangan, termasuk darah.

"Jadi, tidak akan orang kehabisan darah ketika donor darah. Bahkan, ada yang sampai 140 kali donor, dan itu dia mulai donor sejak usia 17 tahun. Kalau sejak usia 17 tahun sudah mulai donor, maka usia 40 tahun saja sudah 100 kali donor, bila setahun 4 kali donor secara rutin," jelasnya.

Sementara, menurut Dr Salimar, batas usia paling tua untuk mendonorkan darah adalah 65 tahun. Tetapi, Dr Salimar menjelaskan bahwa bila orang pada usia tersebut selalu rutin donor darah dan hasilnya bagus, maka tidak masalah terus mendonor.

"Kalaupun usianya 65 tahun, tetapi dia rutin, darahnya masih bagus atau tidak ada penyakit-penyakit degeneratif, maka tetap boleh donor darah," tutupnya.

(fik)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini